Rabu, 02 April 2014

TENTANG PCI

TUGAS ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

SEJARAH PCI



PCI pertama kali muncul pada tahun 1990an, dan yang pertama kali memperkenalkan PCI adalah intel, intel menerapkan PCI tersebut untuk sistem berbasis pentiumnya pertama kali.
 PCI itu sendiri adalah kepanjangan dari peripheral Component interconnect.yaitu bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. tujuan di bentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan oleh IBM PC atau kompatible lainnya.
PCI (Peripheral Component Interconnect) segera dimasukkan untuk digunakan di server, menggantikan MCA dan EISA bus ekspansi sebagai server pilihan. Pada PC utama, PCI lambat untuk menggantikan Bus VESA Lokal (VLB), dan tidak mendapatkan penetrasi pasar yang signifikan sampai akhir tahun 1994 di generasi kedua Pentium PC. Pada tahun 1996 VLB itu semua tapi punah, dan produsen telah mengadopsi PCI bahkan untuk 486 komputer. EISA terus digunakan bersama PCI hingga tahun 2000. Apple Computer PCI diadopsi untuk profesional Power Macintosh komputer (menggantikan NuBus ) pada pertengahan-1995, dan konsumen Performa lini produk (menggantikan LC PDS ) pada pertengahan tahun 1996.

PERKEMBANGAN DAN VERSI PCI DARI MASA KE MASA.

PCI 1.0 juni 1992, merupakan spesifikasi aslinya yang memiliki lebar bus 32 bit atau 64 bit.

PCI 2.0 april 1993. jenis konektor dan papan ekspansi.

PCI 2.1 Juni 1995 ,operasi 66 MHz di berlakukan,perubahan pada latency, adanya fungsi transaction ordering

PCI 2.2 januari 1999, fitur manajemen daya di berlakukan.

PCI X.1.0 sepetmber 1999. spesifikasi PCI .X 133 MHz,sebagai tambahan bagi versi PCI 2.2

Mini PCI November 1999, untuk motherboard dengan form factor yang kecil(Micro-ATX).

PCI 2.3 maret 2002 ,pensinyalan 3.3 volt. Penggunaan kartu yang bersifat low-profile.

PCI.X2.0 juli 2003 dukungan modus kerja 266 MHz sampai 533 MHz.

PCI Express 1.0 juli 2002, cara transmisi serial  dengan kecepatan 2500 mb/s. tiap jalur  transmisi tiap arah,menggunakan sinyal 0.8 volt.yang di desain untuk menggantikan PCI 2.X dalam sisitem komputer.

PCI Express memiliki beberapa keunggulan, tidak hanya untuk pengguna tetapi untuk produsen. Hal ini dapat diimplementasikan sebagai pemersatu I/O struktur untuk desktop, ponsel, server dan workstation, dan PCI lebih murah daripada AGP untuk diterapkan di level board. Hal ini membuat biaya rendah untuk konsumen. Hal ini juga dirancang agar kompatibel dengan Sistem Operasi yang ada dan driver perangkat PCI.

PCI memberikan sistem yang lebih baik bagi subsistem I/O berkecepatan tinggi (misalnya: graphic display adapter, network interface controller, disk cotroller, dll). Standar yang berlaku saat ini mengizinkan pengunaan sampai 64 saluran dan pada kecepatan 33 MHz, bagi kelajuan transfer 264 Mbyte/detik, atau 2,112 Gbps. Namun bukan hanya kecepatannya saja yang tinggi yang membuat PCI menarik, PCI khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan I/O sistem yang modern secara ekonomi.

STRUKTUR BUS PCI

PCI dapat dikonfigurasikan sebagai bus 32-bit atau 64-bit. Signal-signal yang diharuskan bagi PCI dibagi menjadi kelompok-kelompok fungsional sebagai berikut:
1. System pins:
Meliputi pin waktu dan pin reset.
2. Address dan Data Pins:
Meliputi 32 saluran yang time-multiplexed bagi alamat data.
3. Interface Control Pins:
Mengontrol timing transaksi dan mengkoordinasikan antara inisiator dan target.
4. Arbitration Pins:
Tidak seperti saluran signal PCI lainnya,Melainkan masing-masing master PCI memiliki pasangan saluran arbitrasinya sendiri yang menghubungkannya secara langsung dengan arbiter bus PCI.
5. Error Reporting Pins:
Digunakan untuk melaporkan error parity dan error-error lainnya.

Selain itu, spesifikasi PCI mendefinisikan 50 saluran signal optimal yang dibagi menjadi kelompok-kelompok fungsional sebagi berikut:
1. Interrupt Pins:
Saluran signal ini disediakan bagi perangkat-perangkat PCI yang harus menghasilkan request untuk layanan.
2. Cache Support Pins:
Pin-pin ini diperlukan untuk mendukung memori pada PCI yang dapat di-cache-kan di dalam prosesor atau perangkat lainnya.
3. 64-bit Bus Extension Pins:
Meliputi 32 saluran yang merupakan time-multiplexed bagi alamat data dan dikombinasikan dengan saluran alamat atau data untuk membentuk bus alamat/data 64-bit.
4. JTAG/Boundary Scan Pins:
Saluran-saluran signal ini mendukung pengujian prosedur-prosedur yang ditentukan dalam standard 149.1 IEEE.

PERINTAH PERINTAH PCI

PCI dirancang untuk mendukung bernacam-macam konfigurasi berbasis mikroprosesor, baik system mikroprosesor tunggal maupun banyak. PCI ini memanfaatkan sinkron dan pola arbitrasi tersentralisasi. System perintah-perintah yang ada di PCI biasanya aktivitas bus terjadi dalam bentuk transaksi sebuah inisiator,atau master,dengan sebuah target. Ketika memperoleh control bus, master bus menentukan jenis transaksi yang akan terjadi berikutnya. Perintah-perintah itu adalah:
1. Interrupt Acknowledge
perintah baca yang ditujukan bagi perangkat yang berfungsi sebagai pengontrol interrupt pada bus PCI.
2. Special Cycle
Digunakan oleh inisiator untuk melakukan broadcast pesan ke sebuah target atau lebih.
3. I/O Read dan I/O write
Digunakan untuk melakukan transfer data antara inisiator dengan pengontrol I/O. setiap alamat I/O memiliki ruang tersendiri, dan saluran alamat digunakan untuk menunjukkan perangkat tertentu dan untuk menspesifikasikan data yang akan ditransfer ke perangkat itu atau ditransfer dari perangkat tersebut.
4. Memori read dan write
Digunakan untuk menspesifikasikan transfer data, yang menempati satu siklus waktu atau lebih.
5. Memory Write and Invalidate
Mentransfer data dalam satu siklus waktu atau lebih ke memori.
6. Configuration Read dan Write
Kedua perintah konfigurasi memungkinkan suatu master membaca dan meng-update parameter-parameter konfigurasi pada perangkat yang terhubung ke PCI.
7. Dual Address
Digunakan oleh inisiator untuk menunjukkan bahwa inisiator memakai pengalamatan 64 bit.


sumber : http://naitania.blogspot.com/2010/10/pengertian-pci-peripheral-component.html
http://pci4.wordpress.com/2011/07/26/3/
http://agussale.com/tahukah-anda-apa-itu-pci-express
http://snipertechnology.blogspot.com/2012/09/pengertian-dan-fungsi-slot-pci.html
http://blogs.unpas.ac.id/adipp/2012/12/16/pengertian-pci-peripheral-component- interconnect/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar